LBH Kepatihan Kota Bogor Memperingati HUT Ke1

Rabu, Februari 20th 2019. | perspektif

Suryabogor. Lahirnya LBH kepatihan Kota Bogor, pada 21 Pebuari 2018, itu termotipasi dengan keluhan masyarakat yang membutuhkan pertolongan, karena terbentur dengan paktor ekonomi, sehingga menemukan kesulitan melangkah untuk menempuh jalur hukum, disitulah awalnya kami membentuk LBH Kepatihan dengan anggota hanya beberapa orang saja, ungkap Nusirwan SH, selaku Ketua LBH Kepatihan, saat ditemui pada saat memperingati HUT. LBH. Kepatihan Kota Bogor.

Dalam satu tahun ini LBH Kepatiha, sudah beberapa kasus yang ditangani melalui jalur pengadilan dan mediasi non pengadilan berdasrkan bermusyawarah, karena tidak semua kasus itu harus melalùi pengadilan; contohnya kami bisa menyelesaikan kasus dengan memberikan pemahaman untuk berdamai dan tidak menyulut rasa dendam, dengan perjanjian secara tertulis diatas matrey.

Bagi anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum pada kami LBH Kepatihan Kota Bogor, dengan sarat harus mempunyai bukti dan kronologis yang terkait dengan kasus yang diajukan pada kami; dan kami juga tidak akan membebani anggota masyarakat dalam hal materi untuk pengurusan kasus tersebut, disini kami selaku LBH. Lembaga Bantuan Hukum, akan membantu untuk melindungi masyarakat yang terkena musibah berurusan dengan hukum.

Bahkan kami mempunyai Program penyuluhan hukum untuk anak sekolah ditingkat SMP dan SMA, karena kami merasa terpanggil dan prihatin atas kejadian tauran pelajar dan kenakalan rejaja; dan kami berkewajiban untuk memberikan kontribusi secra edukasi, agar generasi muda kita mengetahi secara ilmiah bahwa api itu panas yang tidak boleh dijadikan experimant; selain disekolah, kami juga akan terjun ke masyarakat melalui pihak kelurahan, untuk memberikan penyuluhan hukum berdasrkan Undang Undang, bahwa masyarakat harus nendapat perlundungan hukum.

Sementara menurut Barlian Suar; selaku wakil Sekretaris LBH Kepatihan Kota Bogor mengatakan, dalam 1 tahun ini kami sudah menangani beberapa kasus; diantaranya kasus sengketa tanah. Kasus pemalsuan surat cerai. Kasus penganiayaan terhadap warga nasyarakat, yang notabene kuluarga kurang beruntung dalam hal ekonomi.

Dengan lahirnya LBH Kepatihan ini, tentunya kami akan membantu bagi mereka yang diperlakukan tidak adil oleh sistem penegak hukum yang terkesan tebang pilih; bukan membela yang benar; bamun membela yang bayar, itulah kami dari LBH Kepatihan siap mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan kami, dan kami akan memanusiakan manusia dimata hukum. Demi tegaknya keadilan bagi masyarakat terkena musibah hukum.

LBH Kepatihan Kota Bogor. Akan kerjasama dengan pihak sekolah untuk pencegahan tauran melalui penyluuhan tentang sadar hukum bagi para peserta didik sejak dini. Mengingat sering terjadi tauran pelajar hingga membawa korban, akibat dari tidak menyadari konsekwensinya bagi yang melakukan pelanggaran hukum.

Hamid/ Edi

Related For LBH Kepatihan Kota Bogor Memperingati HUT Ke1