Dana Desa Tahap 3 cair tengah di sosialisasikan

Kamis, Desember 27th 2018. | pemerintahan, Teras Atas, Teras Bawah, wisata dan kuliner

suryabogor.com- Bertempat di Aula Kantor Desa Sukaharja berlangsung kegiatan Sosialisasi Pencairan Dana Desa tahap 3 sekaligus diinformasikan terkait Pembentukan Badan Usaha Desa (Bumdes). Acara ini turut pula dihadiri Pendamping Desa Sukaharja, Ketua BPD, Ketua Tim TPK para Rt/Rw , Babibmas Bhabinkamtibmas serta para tokoh Desa Sukaharja.

Dalam sambutannya Kades Sukaharja Mahmud mengatakan bahwa Dana Desa sebesar Rp. 300 juta lebih untuk tahap ke 3 yang merupakan Dana Desa terakhir yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Bogor ditahun 2018 ini akan dialokasikan untuk beberapa titik pembangunan diantaranya pembangunan Gorong-gorong, PKT (Padat Karya Tunai) bagi 200 warga Desa Sukaharja dan untuk Biaya Pembentukan dan Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

“Semua dana yang turun saya serahkan ke Tim TPK untuk kegiatan kegiatan pembangunan sebagaimana yang sudah kita sepakati bersama dan tidak ada perubahan sama sekali, saya berharap dan titip pesan kepasa TPK untuk dilaksanalan kegiatan Pembangunan ini sesuai dengan RAB yang sudah bdisepakati dan dapat selesai tepat waktu sebagaimana yang kita harapkan,”papar Kades.

Kades juga menyampaikan dihari yang sama kita juga laksanakan Santunan bagi 113 Yatim di Kantor Desa, selain uang tunai sebesar Rp. 200 ribu perorang anak yatim juga kita berikan makan siang, dan kegiatan Santunan ini rutin dilaksanakan tiap tahun di Kantor Desa,

jadi hari ini ada 3 agenda yang kita laksanakan pertama sosialisasi pencairan Dana Desa tahap 3, kedua sosialisasi Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan ke 3 Santunan Anak Yatim bagi Warga Desa Sukaharja.

Pembentukan BUMDES adalah bagian dari tahapan Dana Desa ditahap ke 3 ini. Ditempat yang sama Tim Pendamping Desa Lilik Purwanto menuturkan terkait hal hal yang harus dilaksanakan pembangunan dalam guliran Dana Desa Tahap 3 ini, dirinya akan terus memantau terkait pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur tersebut yang pelaksanaannya diserahkan dan menjadi tanggung jawab Tim TPK.

“Mudah-mudahan pelaksanaan yang sangat mendesak waktunya ini dapat diselesaikan dengan baik dan dengan benar sesuai dengan proyeksi/RAB yang telah ditetapkan Kepala Desa Sukaharja dan saya akan terus memantau pelaksanaannya agar berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita,

mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan LPJ,”ucapnya. Untuk Bumdes sendiri Lili berharap nanti bisa menggali potensi potensi yang ada di Desa Sukaharja ini, karena tujuan utama Pembentukan Bumdes adalah untuk peningkatan perekonomian warga Desa Sukaharja. Sementara Ketua Tim TPK Teguh Apriyanto menambahkan bahwa Dana Desa ditahap ke 3 ini yang digulirkan sebesar Rp. 300 juta lebih akan dialokasikan dibeberapa titik pembangunan,

seperti di Rt. 02/2 pembangunan drainase sepanjang 225 meter, di Rt 04/2 pembangunan drainase sepanjang 300 meter dan di Rt. 04/3 pemasangan Pipanisasi sepanjang 200 meter termasuk bak penampungnya juga di wilayah Rw 6 pembangunan drainase sepanjang 60 meyer dan pelaksanaan Padat Karya Tunai bagi 200 warga Desa Sukaharja akan melaksanakan kegiatan kebersihan gorong-gorong serta pekerjaan lainnya dengan kerja bhakti dan dibayar perorangnya kurang lebih Rp. 100 ribu.

Dikatakan Teguh memang untuk pelaksanaan beberapa kegiatan pembangunan Drainase, pemasangan pipanisasi dan lainnya ini sangat mendesak drikarenakan dana cair diminggu minggu terakhir Bulan Desember. “Jadi kita memang berpacu dengan waktu, tapi Alhamdulillah kita diberikan toleransi waktu sebagaimana tadi disampaikan pendamping desa, jadi pelaporan LPJ tidak harus ditanggal 31 Desember ini tapi kita diberikan toleransi waktu, memang sangat mendesak pelaksanaan pembangunannya tapi ada toleransi dari pihak kecamatan untuk pelaporannya bisa sampai dengan pertengahan Bulan Januari 2019, In Sya Alllah kita dapat menyelesaikan pembangunannya sesuai waktu yang telah dijadwalkan,”tuntasnya. (Die/sd)

Related For Dana Desa Tahap 3 cair tengah di sosialisasikan