Dini Kartika: Kami sentuh kembali dunia angklung yang hampir terlupakan

Minggu, Oktober 7th 2018. | smk

suryabogor.com – Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat.

Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Angklung terdaftar sebagai (wikl)

SMK Kosgoro menyediakan fasilitas – fasilitas guna mengembangkan daya bakat anak,salah satunya alat kesenian sunda seperti angklung, namun disisi lain dengan seiring jaman, para siswa pada umumnya menyukai musik non tradisional seperti pop, rock ,DJ dan lainnya namun tentunya dibawah bimbingan guru.

sementara itu alat kesenian Sunda kurang diminati ratusan siswa SMK Kosgoro, fasalnya seiring waktu hampir tak di sentuhnya akan tetapi sebagai pembina osis sekaligus guru seni budaya Dini Kartika akan berupaya agar siswa menyukai alat seni Sunda angklung khususnya.

” betul sekali bahwa tidak sedikit siswa SMK Kosgoro kurang tertarik di dunia seni tradisional khususnya alat musik angklung
lebih lanjut Dini sampaikan kami akan berupaya membangun para siswa agar menyukai budaya seni angklung yang kini hampir kurang perhatian

bahkan kepala sekolah sempat menyinggung soal alat angklung agar di manfaatkan kembali tururnya.

Dini Kartika selaku pembina OSIS SMK Kosgoro berharap siswa SMK Kosgoro dapat menyukai dan kami akan berupaya berbagai cara entah itu dengan cara kolaborasi musik tradisional dengan musik lainnya sehingga siswa tidak ada kepenatan karena siswa adalah jiwa mudah yang penuh kreasi dan inovasi tutupnya.(rmdhn/die)

Related For Dini Kartika: Kami sentuh kembali dunia angklung yang hampir terlupakan