DR., Capt.H. Djoni Rolindrawan, SE, M. MAR : Empat Pilar Adalah Alat Pemersatu Bangsa

Minggu, Maret 3rd 2019. | pemerintahan

suryabogor. Capt.H. Djoni Rolindrawan, menilai Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah alat pemersatu bangsa. Oleh karena itu menurut pria asal Bogor ini, sosialisasi empat pilar sangat penting.

“Kita butuh alat pemersatu. Tanpa alat pemersatu kita tak akan bisa menjadi sebuah bangsa. Karena bersatu maka hari ini kita bisa berkumpul,” ungkap yang biasa di sapa Capt, H Djoni dalam keterangannya, sabtu (02/03)

Hal itu diungkapkan dalam acara Sosialisasi Empat Pilar di salah satu rumah makaan kedung halang sentral kota Bogor

Sosialisasi itu merupakan amanah dari UU. No. 17 Tahun 2014 yang mengamanatkan kepada anggota MPR untuk melakukan sosialisasi. 

Alat pemersatu dikatakan perlu Disegarkan pada masyarakat sebab diakui Indonesia saat ini memiliki berbagai tantangan. Diungkapkan di masyarakat masih ada paham agama yang dirasa tidak tepat, sehingga akhirnya menimbulkan radikalisme.

“Padahal agama itu mengajarkan kedamaian dan toleransi,” imbuhnya. 

Tuhan menciptakan dunia agar penuh kedamaian, lanjut capt H djoni bisa saja Tuhan menciptakan apa yang ada di dunia sama semua. Namun Tuhan menciptakan dunia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. 

“Tuhan menciptakan perbedaan dan keragaman agar kita saling mengenal,” tuturnya. 

Disampaikan kepada peserta yang mayoritas para pemuda dan para remaja bahwa Indonesia terdiri dari berbagai daerah dan masing-masing daerah memiliki keragaman, budaya, dan adat tersendiri. Keragaman inilah yang menurut capt H. Djoni itu jangan diabaikan. 

“Bila daerah diabaikan, bisa memunculkan separatisme,” ungkapnya.

Diakui saat ini termasuk sebagai wilayah yang sejahtera. Meski demikian, ia menegaskan agar pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dalam segala bidang. 

Dalam kesempatan itu, Capt H Djoni Rolindrawan juga menyampaikan bahwa bangsa ini sebentar lagi menggelar Pemilu. Ia juga meyakini dalam Pemilu masing-masing orang mempunyai pilihan yang tak sama. Sehingga ia mengimbau agar tidak adanya perselisihan dalam perbedaan.

“Jangan karena beda pilihan kita bermusuhan dengan tetangga,” tegasnya.

Tantangan yang dihadapi bangsa ini menurutnya tak hanya dari dalam. Dari luar pun ada ancaman yang akan mengganggu Indonesia. Dikatakan, pengaruh globalisasi dan persaingan antar bangsa yang demikian masif. Sebagai bangsa yang kaya dengan sumber daya alam, maka Indonesia menjadi incaran bangsa asing. 

“Bangsa lain tak diam melihat Indonesia kaya sumber daya alam. Mereka melakukan intervensi dengan berbagai cara, misalnya lewat kebijakan,” tegasnya.

Untuk itu. DR., Capt.H. Djoni Rolindrawan, SE, M. MAR mengingatkan agar saling menjaga persatuan. dan kesatuan maka dari itulah MPR melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Agar kita tetap menjaga persatuan bangsa,” terangnya (An/ed)

Related For DR., Capt.H. Djoni Rolindrawan, SE, M. MAR : Empat Pilar Adalah Alat Pemersatu Bangsa