“Karya Ilmiah “SMPN 6 KOTA BOGOR MANFAATKAN BAHAN DISEKITAR SEKOLAH

Rabu, Desember 12th 2018. | kesehatan, smp

suryabogor.com -SMPN 6 Bogor merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Kota Bogor yang syarat dengan ber bagai prestasi dan sudah terkenal dengan Karya Ilmiahnya yang sering merebut Kejuaraan diberbagai Event.

Inovasi yang dibuat KIR SMPN 6 Bogor seringkali memanfaatkan bahan di lingkungan sekitar sekolah, sebagai sekolah adiwiyata dengan lingkungan yang sangat asri dengan berbagai tanaman/pohon ini kegiatan KIR memanfaatkan sekitar lingkungan untuk menjadi bahan penelitian sehingga menghasilkan karya ilmiah yang baik.

Sudah 14 karya ilmiah yang dihasilkan Eskul KIR SMPN 6 Bogor dan ditahun 2018 ada 4 Karya Ilmiah yang terbaru dan cukup fenomenal bahkan mendapat prestasi yang membanggakan.

Diantaranya Tempat sampah pintar (Tesampin) yang tutupnya bisa membuka sendiri dengan memanfaatkan adaftor bekas, Atekalimor (alat terapi kaki dengan memanfaatkan limbah organik).

Alat penetral asap rokok dengan memanfaatkan lidah mertua dan sri rejeki dan limbah organic kulit semangka yang dimanfaatkah untuk Cream Massage Rambut. Selain itu karya ilmiah dibidang pangan makanan dan minuman KIR SMPN 6 Kota Bogor telah banyak membuat inovasi inovasi diantaranya ada Bolu Daun Kelor (Bodalor), Permen Jelly dari Buah Bisbul, Chess Stik Daun Beluntas dan lainnya.

Dimana semua inovasi tersebut memanfaatkan potensi yang ada disekitar sekolah termasuk limbah-limbah yamg bisa didaur ulang dan dimanfaatkan untuk menghasilkan karya ilmiah yang baik dan bermanfaat.

Kepala SMPN 6 Kota Bogor Yuliani Triningsih kepada suryabogor lmenuturkan KIR SMPN 6 selalu mendapat juara diberbagai event, tentu dengan mendapat juara munculah keinginan apalagi yang akan diciptakan kita selalu mencari inovasi dengan memanfaatkan bahan-bahan disekitar lingkungan sekolah.

“SMPN 6 ini letaknya di Gg. Kelor punya tumbuhan yang namanya Pohon Kelor dimana daun kelor ini bisa kita manfaatkan untuk menjadi karya ilmiah, daun kelor kita keringkan dan dibuat tepung kemudian kita jadikan Bulo Daun Kelor yang kita sebut Budalor dan memiliki manfaat untuk mengobati Diabetes serta manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh lainnya,”papar Yuli. Kemudian banyaknya jenis pohon rambutan disekolah kita, itu juga kita manfaatkan, Kulit Buah Rambutan untuk dijadikan Produk Briket Kulit Rambutan, ada yang untuk bahan bakar untuk obat nyamuk dari rumput teki juga untuk aroma terapi dengan menambahkan sereh wangi dan cengkeh, sambungnya.

“Jadi kita banyak memanfaatkan bahan bahan untuk karya ilmiah ini dari sekitar lingkungan sekolah kita,”pungkasnya.
(Sud/ed)

Related For “Karya Ilmiah “SMPN 6 KOTA BOGOR MANFAATKAN BAHAN DISEKITAR SEKOLAH