Kepsek SD Negeri Harjasari 1 Kota Bogor diduga Bohongi Orang Tua Murid

Jumat, Februari 8th 2019. | SD, Teras Atas

suryabogor. com. Karya wisata ( Study Tour) yang dilaksanakan oleh SD Negeri Harjasari 1 Kota Bogor, dengan tujuan ke Musium Satria Mandala Jakarta dan Water Park Trans Sera   Bekasi pada (18-12-18) ternyata hanya ke water park trans sera bekasi saja, dengan biaya Rp. 230.000,- bahkan banyak orang tua murid yang ikut dengan biaya yang sama.

Sementara menurut keterangan orang  tua murid yang dijanjikan oleh pihak sekolah seperti spanduk, obat-obatan, pin dan snack ternyata tidak ada;  dan kalau cuma berenang saja kenapa harus jauh-jauh ke Bekasi di bogor juga banyak kolam renang bahkan lebih murah biayanya.

Bahkan orang tua murid menambahkan lagi, apabila  ada siswa yang tidak ikut karya wisata diberikan PR oleh pihak sekolah yaitu, mencari buku sejarah manusia di gramedia (Mall) lalu isinya diringkas dan dijilid. Juga disuruh membuat boneka laki-laki dan perempaun dan cara pembuatannya melalui video . Dan sekolah tersebut juga menjual pakaian seragam senilai Rp. 620,000.(enam ratus dua puluh ribu rupiah)

Sementara itu terkait biaya mengerjakan tugas, yang tidak ikut karya wisata itu sebanding dengan biaya karya wisata tersebut. Padahal bagi anak yang tidak ikut sudah tentu orang tuanya tidak punya uang harus diberikan beban mengerjakan tugas lagi. Menurut keterangan orang tua murid kalau tidak mengerjakan tugas tersebut Kepsek akan menahan rapot siswa tersebut.

Karya wisata ( Study Tour) yang dilaksanakan oleh SD Negeri Harjasari 1. Kota Bogor, dengan tujuan ke Musium Satria Mandala Jakarta dan Water Park Trans Sera   Bekasi pada (18-12-18) jumlah Bus berkisar 20/an armada dengan 800/an jumlah murid ternyata hanya ke water park trans sera bekasi saja, dengan biaya persisnya Rp. 230.000/siswa, bahkan biaya orang tua yang ikut juga sama biayanya.

Sementara menurut keterangan orang  tua murid yang dijanjikan oleh pihak sekolah seperti spanduk, obat-obatan, pin dan snack ternyata tidak ada;  dan kalau cuma berenang saja kenapa harus jauh-jauh ke bekasi di bogor juga banyak kolam renang yang lebih hebat dibandingkan didaerah Bekasi, dan tidak mahal pula.

Hj. Ratna, S.Pd menjelaskan kepada orang tua murid, gagalnya ke Musium Satria Mandala itu bukan kesalahan kami, itu adalah kesalahan dari pihak travel sendiri; menurut pernyataan dari kepsek SD Negeri Harjasari 1 Kota Bogor, dihadapan orang tua murid.

Orang tua murid sudah mulai resah dengan persoalan ini, diduga kepsek mengetahuinya; yang akhirnya diadakan rapat orang tua murid (20-12-18) agar jangan menyebar berita ini, karena akan berdampak pada nama baik sekolah, bahkan kalau ada yang membocorkan permasalahan ini akan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Ketika dikonfirmasi oleh awak media, kepala sekolah terkesan membela diri (24-01-2019), dan menyalahkan pihak Travel, bahkan ketika ditanyakan Spanduk dan rincian biaya (estimasi) penggunaan dana untuk Stady Tour; tidak diperlihatkan bahkan dijanjikan akan di share melalui WhatApp, namun hingga kini belum juga kami terima. Bahkan kepsek disinggung mengenai FB dan WA orang tua murid dirinya menjelaskan kawatir, kalau ada yang bertentangan dengan UU ITE

kenapa sih cuma sekolah disini yang disudutkan, sedangkan hampir sekolah di Kota Bogor juga banyak yang melaksakan Study Tour; ungkap kepala sekolah tersebut.

Tentunya bagi awak media tidak hanya sampai disitu, kami mencari Travel  RYVANSHA Tour yang beralamat dijalan Aria Suryalaga no 1000/24 Pasir Kuda Kecamatan Bogor Barat; namun penelusuran kami tidak menemukan lokasi Travel tersebut, bahkan banyak warga yang kami tanyakan mereka tidak mengetahui, termasuk pihak kelurahan Pasir Jaya juga tidak tau keberadaan Travel ini.

PP No.17 Thn 2010 tentang penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan pasal 181 dilarang menjual pakaian seragam.Perpres No.87 Tahun 2016 tentang saberpungli, mengenai pungutan  pungli disekolah No.7 Uang study tour. Dan no 22. Uang seragam. Diharapkan kepada satgas saber pungli Kota Bogor agar segera memanggil dan memeriksanya kepsek untuk mempertanggung jawabkan kejadian tersebut.

(Hamid/ Sofyan)

Related For Kepsek SD Negeri Harjasari 1 Kota Bogor diduga Bohongi Orang Tua Murid