Layanan pembuatan pasport di Bogor tak perlu nunggu antrian, cukup send by WhatsApp

Selasa, Agustus 28th 2018. | info lainnya, pariwisata

suryabogor.com – Membuat paspor kini tak perlu lagi harus mengantri panjang, sebab Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan Layanan Antrian Paspor via Whatsapp, salah satunya kantor imigrasi kota Bogor.

Dengan sistem ini sudah aktif satu tahun berjalan, pemohon paspor hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi pengantar pesan WhatsApp (WA).  

“pemohon dapat mendaftarkan diri melalui WhatsApp,” kata kasi Informasi dan sarana komunikasi keimigrasian kota Bogor Mardiyanto, Rabu (29/08/2018) saat ditemui suryabogor di ruang kerjanya.

“Perkembangan teknologi saat ini, hampir semua masyarakat memiliki telepon seluler yang dilengkapi aplikasi seperti whatsapp,” kata dia.

Pemohon paspor bisa langsung mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan ke nomor WA Imigrasi. Nomor WA imigrasi setiap wilayah berbeda. Untuk wilayah Bogor, pemohon paspor bisa mendaftar lewat nomor 081111 00333.

Format pengiriman dengan cara mengetik data diri dengan format #NAMA#TGLLahir#TglKedatangan. “Contoh #Andi#12021920#07082017 kirim ke 08 1111 00 333. 

Setelah itu akan ada balasan dari Imigrasi berupa nomor barcode berupa kode booking. Nomor ini direplay untuk selanjutnya pemohon mendapatkan nomor antrean, sekaligus jadwal untuk datang ke kantor Imigrasi.

“Dengan layanan ini, ada kepastian waktu dan kepastian terlayani bagi masyarakat. Tidak perlu menunggu lama-lama, cukup daftar dari rumah, datang sesuai jadwal yang dikirimkan,” kata Mardiyanto kepada suryabogor.

lebih lanjut beliau tegaskan” mekanisme pendaftaran melalui WA ini sekaligus juga untuk mencegah calo atau joki karena pendaftar wajib menggunakan nomor pribadi. 

Kode booking yang diperoleh saat mendaftar pun harus diperlihatkan saat pdatang ke Kantor Imigrasi. Dan pemohon wajib datang 30 menit seelum jadwal telah ditentukan. Bila terlambat, kode booking akan hangus. 

“Jika nomor kode booking hangus, silakan mendaftar ulang kembali,” katanya seraya menyatakan pemohon wajib membawa dokumen asli dan memastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama. 

Namun layanan ini hanya untuk pemohon paspor baru, sementara paspor rusak atau hilang tidak dapat diajukan via whatsapp.

dengan harapan beliaub ” semua masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas melaui Tekhnology yang sangat mudah caranya, efektif dan efesien pungkasnya ( Edi)

Related For Layanan pembuatan pasport di Bogor tak perlu nunggu antrian, cukup send by WhatsApp