siswa SMKN 4 Cintai kesenian sunda bersama “Angklung”

Jumat, September 14th 2018. | Pendidikan, smk

suryabogor.com – Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat.

Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Angklung terdaftar sebagai (wikl)

puluhahan siswa SMKN satu sedang praktek yang mengacu pada mata pelajaran SBK dan hasil pantauan suryabogor para siswa kelas 10 nampak menyukainya meskipun belum pahm betul.

Asti salah satu pembina kesenian sunda dengan alat musik angklung dengan sabar dan mengetes satu persatu siswa untuk meragakan nada suara angklung yang ditugaskan kepada masing- masing siswa SMKN 4 Jalan raya tajur.kota Bogor.

” ya anak- anak nampak menyukainya dan kami berupaya anak anak agar dapat menyukainya sehingga dapat menambah kegiatan eskul ungkapnya kepada suryabogor.(13/09/2018).

siswa siswi kelas 10 ini dibuat 3 kelompok untuk 1 kelompok sebanyak 11 orang namun sementara ini siswa di ajari lagu si “timur matahari” ciptaan supratman

Asti berharap dengan adanya pelajaran SBK melalui kesenian Sunda ini dapat dilestarikan oleh para anak remaja khususnya sehingga anak-anak jawa barat dapat mempromosikan di belahan dunia harapnya.(ziko/edi)

Related For siswa SMKN 4 Cintai kesenian sunda bersama “Angklung”