SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Bangun Kreatifitas Gerakan Literasi

Kamis, November 22nd 2018. | smk, wisata dan kuliner

suryabogor. com. SMK Citra Pariwisata Kota Bogor yang identik dengan sekolah perhotelan, terus berupaya mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah, yang merupakan sebuah gerakan untuk menumbuhkan budi pekerti siswa,  yang memiliki budaya dan proses
untuk menumbuhkan minat baca bagi peserta didik,  dan meningkatkan keterampilan cara membaca materi yang dibaca dengan nilai-nilai budi pekerti, mencakup kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai dengan perkembangan para peserta didik, ungkap Waka Kurikulum. Suparta.

Masih penuturan Suparta, Gerakan Literasi Sekolah merupakan sarana yang melibatkan semua siswa dan guru, orang tua / wali murid, termasuk masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan Nasional, untuk itu dibutuhkan adanya kolaborasi diantara elemen masyarakat dan para pendidik, untuk mewujudkan kesadaran kecintaan kegemaran pembiasaan membaca yang dilakukan selama 15 menit membaca buku dan membaca dalam hati.

Sementara menurut Kepala SMK Citra Pariwisata Kota Bogor. Sutisna, mengatakan, Literasi secara penjiwaan lebih jauh dari menulis, karena menggunakan pemahaman tentang bentuk visual, dan auditorial, untuk itu Literasi sangatlah dibutuhkan bagi peserta didik kami, karena mereka akan terjun langsung kedunia kerja perhotelan yang menggunakan insting dan penjiwaan yang sangat peka terhadap situasi dan kondisi saat beraktifitas dilokasi kerja.

SMK Citra Pariwisata Kota Bogor, sudah memiliki ribuan berbagai macam judul buku di ruangan perpustakaan, yang diperoleh  hasil sumbangan dari Dinas Pendidikan termasuk Perusahaan swasta, mekanisme secara realita bahwa Literasi tersebut memberikan tugas kepada siswa mencari sumber di luar sekolah dan bila sudah selesai di arsipkan disekolah ungkap Sutisna Kepala SMK Citra Pariwisata Kota Bogor.

(Edi)

Related For SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Bangun Kreatifitas Gerakan Literasi