Syirup Ceremai Buatan SMPN 20 BOGOR ANTI KANKER DAN MELINDUNGI HATI

Rabu, Desember 12th 2018. | Teras Atas

suryabogor.com, Karya Ilmiah Remaja ( KIR) merupakan kegiatan para remaja dalam berkreatifitas untuk menemukan suatu karya diberbagai bidang baik itu bidang tehnologi, makanan atau minuman dan lain sebagainya merupakan penemuan atau hal baru yang diciptakan oleh para remaja.

Untuk memotivasi kreatifitas tersebut Dinas Pendidikan Kota Bogor menggelar Lomba KIR Tingkat SMP se Kota Bogor, sedikitnya 28 peserta SMP Negeri dan Swasta turut andil dalam ajang tersebut dengan menampilkan lebih dari 60 hasil karya ilmiah yang disunguhkan sekolah sekolah.

Seperti halnya SMPN 20 Kota Bogor sebagai salah satu sekolah yang mengikutsertakan Eskul KIR nya dikegiatan ini dengan menampilkan hasil karya dari pemanfaatan buah-buahan yang ada dilingkungan sekolah.

Sebagaimana disampaikan Pembina KIR SMPN 20 Tini Hartini kami budidayakan Pohon Ceremai ini disekolah karena buah ini sudah sangat langka, dilingkungan sekolah ini ada beberapa pohon dan kita sedang membibitkan kembali. “Agar ikon SMPN 20 yang berada di J l. Ceremai ini memang benar-benar ada pohon ceremainya,”ujar Tini.

Maka buah yang ada disekolah ini kita manfaatkan dengan membuat Sirop Ceremai. Selain Syirup kita juga buat yang sudah siap minum, minuman dari Buah Ciremai ini rasanya sangat menyegarkan asam-asam manis namun banyak manfaatnya bagi tubuh kita karena mengandung anti oksidan yang cukup tinggi.

“Buah yang kita jadikan syirup mengandung Vitamin C manfaatnya adalah sebagai anti oksidan, anti kanker, untuk menurunkan diabetes, karbon kolesterol, untuk kesehatan seksual dan melindungi hati,”terang Tini.

Kedepan kita berencana, sambung Tini akan kami uji lebih detail supaya ketika kita pasarkan akan lebih ok lagi, memang akan kami pasarkan tetapi sampai tahap ini masih tahap pengujian terlebih dahulu kalau sudah pasti ada kemungkinan kita pasarkan lebih luas lagi. Saat ini masih dalam lingkup intern saja. “Untuk Lomba KIR ini kita hanya menampilkan Syirup Ceremai ini, tadinya akan kita tampilkan juga Robot buatan siswa karena yang bersangkutan sakit tidak jadi kami tampilkan,”ucapnya. SMPN 20 Kota Bogor sering ikut dalam event event kegiatan selain memotivasi anak juga melatih kepercayaan diri anak saat di stand ini pengunjung menanyakan bagaimana proses pembuatan dan presentasi dijelaskan oleh para siswa. Diakhir perbincangan Tini berharap semoga apa yang dilaksanakan ini bisa bermanfaat kedepannya, terus bisa mengembangkan bibit bibit siswa yang berpotensi.
(Sud/die).

Related For Syirup Ceremai Buatan SMPN 20 BOGOR ANTI KANKER DAN MELINDUNGI HATI